ADS 728x90 Here...

Keutamaan Orang Miskin Bersedekah

Updated at: 05.31.
Under Category: cerita islami,Hikmah
ADS 336x280 Here...

Selamat berjumpa kembali saudaraku pembaca blog  Imam Ghazali Bercerita yang budiman, dalam kesempatan ini kami menampilkan artikel tentang Keutamaan Orang Miskin Bersedekah  menurut Hujjatul Islam al-Imam Ghazali ra, dari kitab Ihya 'Ulumiddin
.

Suatu hari Abdullah bin Jafar (seorang yang kaya dan terkenal sangat dermawan) memasuki sebuah perkebunan kurma,di sana ia melihat seorang anak kecil berkulit hitam menjaga perkebunan tersebut.

Di tangannya tampak beberapa potong roti,tak lama kemudian terlihat seekor anjing memasuki perkebunan itu,sang budak kecil melemparkan sepotong roti kepadanya.Anjing itu memakannya dengan lahap,budak itu kemudian melemparkan dua potong roti lagi,anjing tersebut menyantabnya tanpa sisa.

"Duhai anakku, dalam sehari kau makan apa?" tanya Abdullah bin Jafar.

"tiga potong roti yang kau lihat,"jawabnya.

"Mengapa kau lebih mengutamakan anjing itu dan memberikan semua rotimu kepadanya?" tanya Abdullah bin Jafar.

"Di kawasan ini tidak ada seekor anjing pun, ia pasti datang dari tempat yang jauh ia tentu lapar aku tak mau ia kelaparan sedang aku kenyang" jawab budak kecil itu.

"Lalu apa yang kau makan hari ini?" tanya Abdullah bin Jafar.

"Hari ini aku akan berpuasa," jawabnya.

"Budak kecel ini lebih dermawan dariku," ujar Abdullah bin Jafar.

Abdullah bin Jafar lalu membeli perkebunan kurma tersebut beserta budak kecil itu, dan kemudian ia membebaskan budak kecil itu dan menghadiahkan kebun itu kepadanya.

Saudaraku,jika seorang yang berharta berderma itu hal yang biasa tetapi jika seorang yang kekurangan harta berderma itu adalah sesuatu yang luar biasa.
Kisah diatas mengajarkan kita untuk itsar, yaitu mengutamakan orang lain meski kita dalam kesempitan seperti sabda Rosul saw :
"Orang-orang yang berjiwa kasih akan dikasihi oleh Alloh yang Maha Pengasih,kasihanilah yang dibumi maka semua yang dilangit akan mengasihi kalian. (HR Tirmidzi,Abu Daud,dan Ahmad).
mudah-mudahan cerita diatas bermanfaat untuk kita amin.


Jangan Lupa JEMPOLNYA... Thanks

Keutamaan Orang Miskin Bersedekah
"Keutamaan Orang Miskin Bersedekah" Was posted by , Senin, 25 Maret 2013, at 05.31 under category cerita islamiHikmah and permalink http://kisahsufy.blogspot.com/2013/03/keutamaan-orang-miskin-bersedekah.html. ID: 5.2012.

Tinggalkan Komentar:

Is Hosted by Blogger